Friday 9 September 2016

Pengertian Tds dalam Air Dan Cara Membacanya

Pengertian Tds Air Dan Cara Membacanya

Hai kawan… mungkin sebagian dari kalangan kita kita mengenal tentang sebuah TDS air dan apa yang di maksud dengan TDS air/TDS meter tersebut. baiklah saya akan sedikit menjelaskan tentang gambaran umum Tentang TDS Meter.

Sering kita mendengar di kalangan masyarakat yang berkecimpung di dunia kesehatan, khususnya untuk memilih kelayakan air untuk dikonsumsi, sebelum memilih / membeli air kemasan yang di tanyakan adalah berapa nilai TDsnya ?

Apa maksud dari pertanyaan tersebut ? Marilah kita ulas satu persatu tentang penjelasan keberadaan pertanyaan tersebut.

TDS METER

 

Pertama yang harus di pahami adalah pengertian dari TDS itu sendiri,

yukk… langsung saja kita simak penjelasan brikut ini,

TDS meter adalah Sebuah alat yang digunakan untuk mengukur kandungan zat yang terkandung di dalam air yang memiliki satuan ppm (part per mill) atau di sebut dengan Total Dissolved Solids (TDS) yang menunjukkan Total Dissolved Solids (TDS) dari suatu larutan, yaitu konsentrasi zat padat yang terlarut di dalamnya. Karena adanya zat-zat padat yang terionisasi.

Dan Alat TDS ini menggunakan satuan bagian per juta miligram zat terlarut atau disebut part per mill (ppm). Misalnya, satu nilai TDS dengan angka 1 ppm akan terdapat 1 milligram zat padat terlarut daLam setiap kilogram air.

Bagaimana cara mengukurnya ?

Langsung saja tuangkan air kedalam sebuah gelas dan tes menggunakan Alat yang di namakan TDS meter dengan cara di celupkan nanti akan keluar nilai yang berada di layar alat tersebut.

Mungkin anda kebingungan dengan membaca nilai tersebut, yang paling dasar bagi orang awam adalah cara membacanya dengan cara : semakin tinggi nilai yang di tunjukkan oleh alat tersebut maka semakin banyak pula zat yang tercampur di dalam air tersebut, dan semakin rendah nilai yang tercantum  maka semakin sedikit zat yang  yang tercampur di dalam air tersebut.

Perlu di ketahui bahwa kandungan zat larut yang berada di dalam air terdiri dari berbagai macam zat di antaranya adalah : garam-garam,meniral-mineral, zat logam, zat seng, zat kapor dll zat inilah yang menaikkan nilai konduktivitas suatu larutan. zat zat inilah yang menghantarkan arus listrik di dalam air.

Kalau Zat-zat padat organik terlarut seperti gula dan partikel-partikel padat mikroskopis seperti koloid, tidak secara signifikan mempengaruhi konduktivitas suatu larutan sehingga TDS meter tidak melibatkan mereka dalam pembacaannya.

Secara umum definisi operasionalnya adalah bahwa zat padat harus cukup kecil untuk lolos dari penyaringan melalui saringan berukuran 2 µm (mikrometer). Total zat padat terlarut secara normal hanya dibahas untuk sistem air tawar, karena salinitas meliputi sebagian dari ion-ion yang merupakan definisi dari TDS.

Aplikasi dasar dari TDS ialah studi mengenai mutu air untuk aliran, sungai, dan danau, meskipun TDS secara umum tidak dianggap sebagai suatu zat cemar yang utama (misalnya, TDS tidak dianggap terkait dengan efek kesehatan) TDS digunakan sebagai satu petunjuk estetika karakteristik air minum dan sebagai suatu indikator agregat dari adanya pengukuran yang luas kontaminan-kontaminan zat kimia.

Demikian pengertian dari TDS air, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua… terimakasi, mohon kritik dan saran demi pengembangan artikel ini terimakasih

No comments:

Post a Comment